Kesehatan

Unik

Teknologi

Kriminal

News

Peristiwa

Polda Metro Jaya angkat bicara soal survei Economist Intelligence Unit (EIU) yang menilai Jakarta Kota paling tak aman di dunia. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, pihaknya sudah melakukan rasa aman publik di Jakarta dengan upaya menekan tingkat kriminalitas dalam operasi razia preman.

"Buktinya kemarin kami lakukan operasi preman sebagai salah satu upaya menekan tingkat kriminalitas. Langkah kami razia preman dan operasi cipta kondisi," kata Martinus di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (28/1).

Menurut dia, antisipasi kepolisian sudah cepat dalam menangani ancaman di tengah masyarakat. Hal ini dibuktikan adanya ancaman bom di tengah-tengah masyarakat yang selalu ditangani oleh Gegana.

"Kalau ada ancaman terorisme kami cepat tanggapinya, jadi lihat bom di mana gugus paling depan Gegana," ujarnya.

Dia juga mempertanyakan mengenai indikator dari Kota Jakarta tersebut sebagai kota tak aman. "Kalau pengertian dari polisi rasa aman masyarakat yaitu bebas dari kriminal, rasa takut, kekhawatiran dan kedamaian," ujarnya.

Jakarta Tidak Aman, Polisi Razia Preman

Polisi bersepakat dengan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama untuk memasang CCTV di sejumlah titik rawan kejahatan. "Kalau pasang CCTV setuju agar penjahat berpikir ulang melakukan kejahatan," ujarnya.

Sebelumnya, Survei EIU mengenai kualitas keamanan 50 kota (the Safe City Index) telah dilansir kemarin. Hasilnya, Jakarta dinobatkan sebagai kota paling tidak aman sejagat, dengan skor 53,71.

Skor itu sangat jauh dibandingkan Tokyo, Ibu Kota Jepang, yang memuncaki daftar tersebut dengan skor 85,63. Jakarta menjadi kota negara anggota G20 yang masuk urutan papan bawah selain Riyad, ibu kota Arab Saudi, seperti dilansir Business Insider, Rabu (28/1).

Survei dari majalah ternama ini memperhitungkan keamanan warga, keamanan infrastruktur, keamanan digital, hingga jaminan kesehatan. Turut diperhatikan adalah angka kejahatan, jumlah warga meninggal akibat kematian tidak wajar, serta kemampuan teknologi informasi pemerintah setempat memantau aktivitas kejahatan

Berikut daftar lima kota paling aman di muka bumi:

1. Tokyo

2. Singapura

3. Osaka

4. Stockholm

5. Amsterdam

Dan selanjutnya ini daftar lima kota paling tidak aman:

1. Jakarta

2. Teheran

3. Ho Chi Minh City

4. Johannesburg

5. Riyadh

sumber : merdeka.com

About Unknown

Menyajikan berita terbaru dari mancanegara hingga internasional. Politik, Hukum, Kriminal, Olahraga, Kesehatan, Gaya Hidup, Tragedi, Bencana Alam dan Unik
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Post a Comment


Top